Selasa, 13 Maret 2018

Icip-icip Ilmu Bisnis di Event "From Blogger to intepreneur"



 Dunia bisnis itu sesuatu yang asing bagi saya. Bahkan kepikiran pun tidak. Itu karena saya memang bukan dari keluarga yang berkecimpung di dunia bisnis. Rata-rata keluarga saya dari dunia pendidikan. Bapa saya guru, saya juga guru, beberapa kakak dan juga ipar saya pun guru. Alhasil sekedar atmosfir untuk memulai berbisnis pun tak ada sama sekai. Dan udah terlanjur mem -BLOK diri, mana bisa sih aku jualan?.

Namun lambat laun itu mulai memudah juga, seiring dengan banyaknya temen-temen yang mulai pada jualan di instagram dan facebook. Eh, bahkan di grup what’s upp juga. Saben hari, tiap buka medsos tuh isinya orang jualan. Iya kan?

 “lumayankan?, dari pada cuma buat bikin share status doang, mending buat jualan chin, menghasilkan” “sedikit-sedikit, nggak apa-apa sih, ntar lama-lama kan jadi bukit” “jualan online itu enak lho, ngga perlu bayar karyawan, nggak perlu sewa lapak, cuman butuh jempol dan quota doang ” 


Begitulah kira-kira jawaban beberapa sahabat saya yang pada jualan online. Saya pikir-pikir, iya juga sih. Sama-sama main handphone, sama -sama utak-atik laptop. Saya nggak dapet apa-apa. Dan mereka dapet pemasukan. Oh ho. Akhirnya jadi kepengen juga untuk nyoba bisnis. Dan beruntung deh, kemarin saya dapet undangan dateng ke talkshow “from blogger to intepreneur” yang diadakan oleh temen-temen #juara community.berasa pas banget kan? gimana caranya menghasilkan uang berdasarkan passion kita. ngeblog.


Dan lebih seneng lagi, karena narasumbernya kece banget. Ada mba Agustina Dwi Jayanti, Penulis, blogger dan penggagas @pasar karetan. Dan satu lagi, bapak Juliari P Batubara, Pengusaha, dan anggota DPR RI komisi VI. Dan berasa lengkap banget di acara kemarin. Ibarat nyelam sambil minum es teh. Dapet dua ilmu sekaligus.

 Dapet ilmu tulis menulis dan dapet ilmu bisnis juga. Jadi makin semangat bikin tulisan yang bisa nebelin kantong Talkshow diawali dengan materi dari mbak Tina. Tentang bagaimana sih agar blog kita itu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.


 Nah, apa saja ya saran dari beliau. Simak ya .....

Nulis Saja
Nulis nulis dan nulis. Pada intinya itu. Kita harus berani memulai. Memulai nulis tentunya. Nggak perlu mikir dulu tulisan kita bagus atau tidak. Layak atau tidak. Tapi nulis saja dulu. Lama-lama pasti terbiasa. Bisa ala biasa.

Konsisten
Nah, ini saah stau kunci wajibnya. Sebagus apapun tulisannya. Sebagus apapun isinya. Tapi kalau blog dibiarkan “sawangen” lamaaaa banget nggak diupdate-update. Bisa-bisa kalah nih sama yang konsisten. Kenapa? Karena para pembaca blog kita pasti akan jenuh. Terlalu lama dan bosan. Akhirnya, mereka pindah deh kelain hati, eh kelain blog.

Gabung komunitas.
Bergabung dengan komunitas bisa membantu menaikkan mod dan semangat. Bikin mood nggak ngedrop. Seenggaknya sih dengan melihat temen-temen lain pada ngapdate kita jadi “kegerahan” begitu, lau ikut-ikutan nulis. Oh iya, dengan berkomunitas ini, bisa juga membuka peluang networking lebih tinggi. Job jadi lebih mudah dan cepat dateng. Begitu sih, kira-kira yang dapet saya simpulkan dari materi mbak Tina.

Nah, untuk selanjutnya adalah materi dari Pak Ari. Salah satu pengusaha sukses Indonesia. Orangnya asyik banget ternyata. Ramah dan easy going.



Pak Ari banyak memotivasi kita-kita nih, untuk berani berwirausaha. Karena sekarang kan udah zaman digital. Jadi kenapa tidak kita manfaatkan. Pokoknya intinya sihh KUDU BERANI. Berani memulai bisnis, berani juga dengan resiko rugi. Karena kata Beliau Nggak ada pebisnis yang selalu untung. Pasti ada saat-saat dimana mereka pun mengalami yang namaya kegagalan. Kerugian. Oh ho, semoga habis ini segera nongol akun bisnis saya ya man teman semua, atau blog ini segera menelurkan rupiah. wkwkwk...

9 komentar:

  1. Gara-gara talkshow ini aku buka lapak lagi jualan online. Yeay semangat lagi semoga laris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. hehe. iya mbak. emang kalau mau mulai bisnis kudu ngumpul sama para pebisnis ya mbak. ben terprofokasi. semangat mbak

      Hapus
  2. aku juga pengen banget mulai bisnis lagi mba manfaatin gadget yang aku punya hehehe btw ttg tulis menulis konsisten itu yg sangat utama banget biar blog ga lumutan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul betul betul mbak. menjaga konsistensi itu yang tidak mudah.

      Hapus
  3. asik, walo gak bs datang ke acaranya jadi tahu isinya, tfs yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak wuri yang baik.. idola banget deh

      Hapus
  4. Don't to much think...just do the thing...pokoknya jangan terlalu banyak mikir...lakukan saja

    BalasHapus
  5. Terus nulis dan konsisten..itu yg masih terus harus kuusahakan..hehe..masih banyak bolongnya Cyiint.. *maluuu...krudungansarung..
    TFS ya Nunik..

    BalasHapus