Selasa, 31 Oktober 2017

Saring Before Sharing




Selamat pagi masyarakat jamans Now

Di jaman berlimpahnya aneka grup wa, nggak bisa di pungkiri memang, orang bakal semakin mudah untuk share atau membroadcast aneka postingan dari satu grup ke grup yang lain. Bahkan nih ya, kadang kita bisa dapat satu jenis informasi dari berbagai grup. Saking mudahnya orang ngeshare. Tinggal sekali klik.

Sebenarnya bagus sih, itu membuat informasi lebih cepat tersampaikan.Namun sayangnya, (mungkin) saking mudahnya itu, orang juga tidak berfikir panjang. Asal share saja. Bahkan kadang belum dibaca, belum ditelaah apa isinya udah main share aja. Tanpa banyak melakukan pertimbangan. Sementara itu, nggak semua postingan itu memang mengandung content, struktur bahasa dan ujaran yang baik. Ada memang yang sengaja di setting untuk mengalihkan isu, atau memang mengundang perdebatan dan berpotensi pada perpecahan ummat. ( jiahhh).
Oleh sebab itu, kita memang kudu pinter-pinter ya temans, memilih dan memilah mana sih yang sebaiknya bisa kta post dan tidak.  Mungkin 7 tips berikut ini bisa bantu kamu. 

7 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Posting

  1. TRUE
Apakah postingan atau sesuatu yang kita share  benar? Sesuai dengan kenyataan dan fakta? Atau jangan –jangan itu Cuma hoax belaka?.
Ingat. Baiknya dicek dan ricek dulu. Tabayyun dulu. Terlebih lagi , kalau kita tidak melihat dan menyaksikan sendiri kejadiannya. Tidak mendapatkan sumber dari orang yang benar-benar bisa di percaya. Salah-salah kita malah justru menebar fitnah. 
  1. HURTFUL
Mungkinkah apa yang saya post ini menyakiti orang lain?
Suka sedih, kalau melihat berita kecelakaan, atau sakit yang sudah parah. Trus malah banyak ngeposting. Lengkap dengan segenap foto nelangsanya. Pikirkanlah, bagaimana kepiluan keluarga terdekat mereka.
Loh? Tapi kan mau bantu? Biar orang pada tahu?
Cukuplah, dengan info saja, tanpa harus dengan foto nelangsanya. Atau kalau toh foto. Coba atuh pakai foto yang sekiranya tidak bikin “NgGregel” pihak keluarga korban. 

  1. ILLEGAL
Apakah foto atau sesuatu yang kita share mengandung segala sesuatu yang illegal? 

  1. NECESSARY
Apakah postingan atau sesuatu yang kita share penting buat diri kita dan orang lain? Tidak semua postingan baik, perlu ita broadcast ke semua grup. Pilah dulu. Kadar “perlu” nya.
Sesuaikan juga dengan kebutuhannya? Maksudnya, ada postingan tentang politik. Kita mungkin pas senang atau memang concern dengan dunia politik. Buat kita itu penting. Tapi tidak semua orang tertarik dengan hal tersebut kan?. Jadi jangan di posting ke semua grup kita. Grup alumni, grup RT RW misalnya. Atau grup pengajian. 

  1. KIND
Sudahkan sesuatu yang kita posting itu memiliki kebaikan/ nilai lebih di dalamnya?
Tanyakan itu pada hatimu, kalau belum nemu jawabannya? Baiknya tunda dulu saja deh postingnya. 

  1. TAKE CARE YOUR SELF BRANDING
Ingat, ya dear. Postinganmu di media sosial mencerminkan kepribadianmu. Kalimat, gambar dan cerita yang kamu posting akan membentuk citra dirimu. Jadi berhati-hatilah, … . ingat jangan suka curhat di medsos. Apalagi berantem-berantem di medsos. Saling sahut dan ngumpat. Yang baca kan bukan satu dua orang, tapi seluruh masyaraat jagat internet. Benerkan? 

  1. TAKE CARE YOUR INTERNET  QUOTA
Hahahahah…. Setuju dong, kalau quota itu udah jadi salah satu kebutuhan pokok, masyarakat jaman now. So gunakan quota dengan bijaksana ya. Jangan sampai temans semua stress karena enggak punya quota. Jadi jangan sia-siakan quota dengan postingan yang nggak  perlu dan nggak penting. Hahaha…

Baiklah, temans jamaah internet semuanya. Mari jadikan internet sebagai bagian jalan kebaikan kita. Ingatlah, selalu postinglah hanya yang baik dan manfaat. info lebih lanjut tentang etika berinternet. klik aja di sini atau download pdf nya di sini  
Diolah dari: #internet baik.

1 komentar: